Minggu, 17 September 2017

CARA MEMULAI BISNIS PULSA

Setelah kita mengetahui berbagai jenis dan cara yang dapat kita lakukan untuk jualan pulsa, kini saatnya kita mempelajari bagaimana cara memulainya. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum Anda memulainya. Mari kita simak satu persatu.
  1. Niat
    Untuk melakukan suatu usaha apapun yang diperlukan pertama kali adalah niat yang kuat. Jika tidak ada niat maka Anda akan sulit melakukan hal tersebut. Untuk itu Anda perlu membulatkan tekad dan kuatkan niat agar Anda tidak cepat berputus asa dalam melakukan usaha yang sedang Anda rintis ini.
  2. Modal
    Usaha yang hanya membutuhkan  yang sangat minimal, bahkan Anda dapat memulainya dengan berbekal sim card, handphone, dan sedikit deposit untuk dijual. Memilih metode jualan pulsa  yang tepat dapat membuat Anda menentukan berapa modal yang dan perlukan untuk  tersebut. Beberapa meotode penjualan membutuhkan properti yang lebih dari pada yang lain, seperti model penjualan menggunakan internet setidaknya harus memiliki  atau personal computer yang terkoneksi internet.
  3. Memilih  pulsa
    Pemilihan agen pulsa yang tepat juga akan sangat menentukan. Anda bisa memilih menggunakan sim card atau chip. Dengan model ini Anda bisa  hanya dengan modal handphone 2G atau 3G, selama bisa melakukan sms maka hal tersebut tidak menjadi masalah. Untuk jualannya menggunakan internet banking dan secara online, Anda akan membutuhkan handphone yang bisa mengakses internet, dapat juga menggunakan smartphone, tablet,dan PC dengan koneksi internet yang lancar.
  4. Menyiapkan peralatan yang dibutuhkan
    Tidak perlu banyak peralatan yang disiapkan. Peralatan yang dibutuhkan untuk memulai di antaranya adalah handphone sesuai dengan keperluannya. Anda juga akan membutuhkan PC atau smartphone jika akan menjual pulsa dengan metode online atau melalui internet banking.
  5. Mulai berjualan
    Jika semuanya telah siap, Anda bisa mulai berjualan dengan mudah. Ada berbagai model berjualan yang dapat Anda lakukan. Anda bisa menyewa sebuah kios ditempat strategis. Namun jika Anda tidak memiliki banyak modal, Anda dapat mulai di rumah dengan menawarkannya kepada tetangga sekitar. Anda juga bisa memanfaatkan  yang Anda miliki untuk melakukan promosi  kepada teman-teman Anda sehingga usaha Anda dapat menjangkau lebih banyak konsumen.
Tips Berjualan Pulsa Agar Sukses
Menjalankan sebuah usaha pulsa bukanlah perkara gampang. Walaupun pulsa merupakan kebutuhan sehari-hari sebagian besar masyarakat, akan tetapi jika kita tidak mengerti cara menjalankannya dengan baik maka usaha Anda tidak akan berkembang. Kesalahan biasanya dilakukan oleh para penjual yang menganggap remeh beberapa hal yang sebetulnya merupakan faktor krusial dan akan sangat mempengaruhi usaha Anda. Nah setelah mengetahui cara memulainya, kini saatnya kita mengetahui bagaimana trik dan tips yang perlu dilakukan agar usaha Anda menjadi sukses dan tidak jalan di tempat atau bahkan terhenti karena kehabisan modal. Tips agar sukses adalah dengan menghindari kesalahan yang sering dilakukan para penjual pulsa dan melakukan beberapa hal kecil yang membuat usaha Anda menjadi berkembang. Apa saja ya? Mari kita simak bersama sebagai berikut.
  1. Jangan berikan kesempatan bagi mereka yang hutang atau bon pulsa
    Sebagai penjual pulsa biasanya kita akan dihadapkan dengan dilema yang sulit dihindari, yakni menghadapi orang-orang yang melakukan hutang atau bon pulsa. Walaupun kesannya merupakan masalah yang remeh, hal ini merupakan hal yang paling sering membuat usaha menjadi jalan di tempat atau malah terhenti. Banyaknya pelanggan yang melakukan bon pulsa membuat kita tidak bisa memutar modal kita. Saat deposit kita habis, kita tidak bisa melakukan pengisian deposit dengan maksimal karena sebagian modal kita belum kembali. Hal ini tentunya akan sangat disayangkan, apa lagi jika modal tersebut tidak pernah kembali karena pelanggan Anda kemudian lupa membayar atau sulit dihubungi untuk membayar  pulsa mereka yang semakin menumpuk seiring dengan berjalannya waktu.Walupun dapat menyebabkan hal demikian, kita juga tidak mau di cap sebagai penjual yang tidak fleksibel atau pelit sehingga pelanggan menjadi berkurang. Pada kasus tertentu misalnya dalam keadaan darurat atau kepada orang terdekat yang kita percayai tentunya kita bisa membolehkan untuk melakukan bon pulsa. Tentunya dengan konsekuensi Anda harus tidak segan menagih bon pulsa pelanggan Anda dikemudian hari. Lakukan pencatatan keluar masuk deposit dengan rapi sehingga jelas dan tidak kehilangan hitungan.
  2. Hindari mengambil keuntungan terlalu besar
    Sebaiknya tidak memberikan harga yang lebih tinggi dibanding counter penjualan lain. Hal ini tidak akan membuat usaha Anda menjadi lebih  tetapi justru akan membuat pelanggan meninggalkan Anda. Usaha jualan pulsa merupakan usaha dengan perputaran modal cepat. Harga yang terlalu mahal akan membuat Anda ditinggalkan karena banyak pesaing yang memiliki harga yang lebih . Sebaliknya Anda harus rajin-rajin melakukan survey harga sehingga Anda tahu berapa kisaran harga pulsa dipasaran. Dengan demikian Anda dapat terus mengikuti pasar dan pelanggan Anda menjadi loyal dan tidak meninggalkan Anda.
  3. Buat jualan Anda diketahui banyak orang
    Hal ini sudah sedikit disinggung pada materi sebelumnya. Tidak ada yang akan membeli apapun jualan Anda jika tidak ada yang mengetahui bahwa Anda berjualan bukan? Membuat usaha berjualan Anda dikenal banyak orang dapat Anda lakukan secara gratis dengan memanfaatkan kekuatan massa. Kita bisa melakukan usaha kita dengan pelayanan yang baik sehingga usaha kita akan dikenal dari mulut ke mulut karena pelanggan sangat puas dengan pelayanan kita. Anda juga bisa membuatnya lebih dikenal dengan memanfaat media sosial, apalagi jika Anda memiliki banyak teman di media sosial Anda maka Anda dapat mengiklankan usaha Anda dengan lebih cepat dan mudah.Efek viral kini menjadi salah satu tren promosi yang cukup efektif dan yang paling menarik dapat Anda lakukan secara gratis. Sudah bukan jamannya lagi media sosial hanya sebagai media untuk mencurahkan isi hati dan unek-unek saja. Kini saatnya Anda menggunakannya untuk membantu Anda mendapatkan penghasilan yang lebih. Memanfaatkan media sosial dengan bijak dan maksimal dapat membuat Anda menjadi lebih produktif.
  4. Memilih server yang baik dan terpercaya
    Server adalah hal krusial yang harus Anda pilih dengan bijak. Melakukan survey terlebih dahulu dan meminta pendapat kepada mereka yang sudah berpengalaman menjadi salah satu hal yang dapat Anda lakukan. Server yang Anda pilih akan mempengaruhi pelayanan Anda kepada pelanggan. Server yang memilki respon cepat, tidak sering mengalami down atau gagal, serta memiliki pelayanan yang memuaskan dalam menangai keluhan dapat menjadi pertimbangan Anda. Semakin cepat respon server Anda maka pelanggan akan semakin puas karena pulsa semakin cepat masuk saat melakukan transaksi.
  5. Buat usaha Anda menjadi unik dengan layanan yang prima
    Banyaknya penjual pulsa serupa membuat persaingan usaha jenis ini menjadi sangat ketat. Untuk itu, memberikan sentuhan unik dapat menjadi ciri khas jualan Anda yang membuat Anda unggul dibandingkan usaha sejenis lainnya. Akan sangat sulit jika kita bersaing harga, namun, bersaing masalah pelayanan akan sangat mungkin dilakukan. Jika pelayanan Anda cepat dan memilki respon yang cepat maka Anda akan diingat oleh pelanggan Anda dan mereka akan kembali membeli kepada Anda. Beri kemudahan dan buat pelanggan nyaman untuk membeli lagi kepada Anda.
Setelah melakukan berbagai tips di atas, tingkat kegagalan usaha Anda akan semakin rendah. Namun bukan berarti kemungkinannya menjadi nol, ada banyak faktor lain yang dapat mengganggu usaha Anda. Bersungguh-sungguh adalah kunci utama agar usaha Anda tahan lama dan dapat berkembang. Percaya bahwa setiap usaha keras pasti akan mendapatkan jalan untuk mencapai kesuksesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar